Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Komunitas Ini Ngamen Buat Donor Buku

RiauCitizen.com, Pekanbaru -Berbeda dengan komunitas lainnya, kali ini Komunitas Pondok Pembelajaran Tanpa Rasis (Belantara) hadir di Pekanbaru untuk menggalakkan kepada masyarakat Riau tentang gemar membaca dengan cara mengamen dan melakukan donor buku.


Menurut Eko, Ketua Komunitas Belantara Pekanbaru, makna Pondok Belantara ini sendiri berawal dari beberapa pemikiran yang dilatar belakangi beberapa komunitas, biasanya mereka beri nama pondok. Sedangkan nama Belantara adalah singkatan dari "pembelajaran tanpa rasis".


Artinya, komunitas ini terbuka untuk umum dan sifatnya juga tidak mengikat hanya ingin menyatukan pemikiran-pemikiran yang sama.


"Kami hadir dari berbagai komunitas dan jadi satu, kami juga hadir atas dasar keprihatinan kami melihat masih minimnya minat baca masyarakat Riau saat ini. Banyak kami melihat buku-buku yang dibuang begitu saja, jadi pembungkus barang-barang. Alangkah baiknya buku-buku tersebut didonorkan kepada orang yang membutuhkan,"jelasnya.


Dari situlah mereka tergerak untuk membuat sebuah komunitas atau perkumpulan yang diberi nama Komunitas Belantara itu. Dalam komunitas ini mereka melakukan berbagai kegiatan yang positif, di antaranya dengan cara mengamen dan nanti uangnya dibelikan buku yang bermanfaat buat semua orang, dan juga minta sumbangan buku dari masyarakat.


"Memang komunitas kami masih terbilang baru, tapi kami yakin dengan cara seperti ini kami bisa membangkitkan semangat anak muda, generasi harapan bangsa untuk gemar membaca, karena hanya dengan membaca kita bisa membuka jendela dunia,"katanya.


Komunitas ini sebenarnya kumpulan dari beberapa komunitas yang tersebar di Provinsi Riau. Di antaranya, Mapedallima Hangtuah FT UIR, Konkrit Genggaman (Reggae) Geron, Minoritas Slank Karimun, Slank Fans Club Pekanbaru, No Name, BEM Unilak, Kawan STSR, dan orang-orang yang ingin bergerak bersama.


"Kita ini merupakan kumpulan dari beberapa komunitas dari kampus. Terus kita punya tempat ngumpul yang sering kita bilang pondok, kita coba menyatukan bulan tiga kemarin. Kami bilang itu fase dalam kandungan dan akhirnya Pondok Belantara resmi aktif di tahun2015 ini", ujar Eko lagi.


Komunitas Pondok Belantara beralamat di Jalan Purwosari, Pasir Putih Siak Hulu, dan untuk agenda rutin biasanya dilakukan di area Car Free Day setiap Minggu pagi Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Dalam waktu dekat, komunitas ini juga akan menambah posko-posko untuk menampung buku, yang akan tersebar di Kota Pekanbaru.(Halloriau.com)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Komunitas Ini Ngamen Buat Donor Buku"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top