Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Hindari PIHK Palsu, Kemenag Riau Imbau Masyarakat Selektif

RiauCitizen.com, Ekbis - Pejabat pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau mengimbau seluruh lapisan masyarakat lebih selektif dalam memilih biro perjalanan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus dan Umrah (PIHK) agar tidak tertipu.


"Agen palsu saat ini sangat marak beredar, oleh sebab itu kita harus meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah H M A Azis di Pekanbaru, Rabu.


Azis menegaskan, untuk mencegah terjadinya penipuan berkedok agen perjalanan, masyarakat harus jeli dan mengetahui langkah-langkah dalam memilih biro perjalanan yang tepat.


"Sebelum menentukan agen perjalanan mana yang akan dipilih, hal pertama yang harus dilakukan adalah menanyakan izin operasional dari PIHK tersebut, lalu tanyakan pula mengenai fasilitas apa saja yang didapat" katanya.


Dia mengemukakan, beberapa PIHK yang memiliki izin di Provinsi Riau, di antaranya PT Muhibah Mulia Wisata SK No PHU/HK.3231/VIII/2011, PT Sela Express Tour memiliki SK No PHU/HK.3183/IX/2011, dan PT Panji Kencana Murni dengan SK No D/445 tahun 2011.


Sedangkan beberapa nama biro perjalanan Penyelenggara Ibadah Umrah (PIU) yang memiliki izin di Provinsi Riau di antaranya PT Silver Silk Tour, PT Musafir Tour, PT Labaika Tour, PDA Tiga Maaya, Nurrahman Wisata, PT intan Salsabila, PT Patuna Mekar Jaya, JP Madania, PT Talbiah Bina Seksama, PT Safa Insan Armani, PT Krakatau Citra Indonesia, PT Arisalah Bina Insani Tour, PT As salam dan PT Sirotol Jannah.


Saat ini, Indonesia diramaikan dengan paket umrah murah dan travel umrah abal-abal alias travel umrah penipu. Jika diperhatikan dengan seksama, travel umroh penipu ini biasanya berkeliaran dengan agen marketing yang kuat karena sebagian uang yang diperolehnya diberikan kepada tenaga marketing yang bersangkutan.


Ciri travel umrah penipu bisa dilihat dengan penawaran harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Misalkan saja menawarkan paket umroh murah dengan harga yang super murah, kisarannya Rp4 juta rupiah sampai dengan Rp18 juta.


Padahal harga tiket untuk ke tanah suci pun sangat mahal. Dengan kurs dolar lebih dari Rp12.000 per dolarnya, cara perhitungan biaya umrah resmi secara detail bisa dilihat di perhitungan biaya paket umrah. (anr/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hindari PIHK Palsu, Kemenag Riau Imbau Masyarakat Selektif"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top