Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Pusat Wacanakan Riau Sebagai Wilayah Objek Wisata Syariah

RiauCitizen.com, Ekbis - Provinsi Riau tidak hanya dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah, terutama disektor perminyakan. Pemerintah pusat sudah menunjuk bahwa Riau menjadi salah satu wilayah untuk mengembangkan objek wisata syariah.


Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau, M Yafis upaya itu sepertinya akan sulit terealisasi dalam waktu dekat. Sebab Bappeda Riau hingga saat ini baru akan merencanakan pencanangan wisata syariah itu.


"Wisata syariah itu baru rencana dan akan dibahas lagi nanti. Jadi rasanya sulit diwujudkan dalam waktu dekat," katanya, Sabtu (18/4/2015).


Dikatakan, bahwa rencana untuk pembangunan sektor wisata syariah memang belum dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Riau tahun ini.


"Kalau untuk hotel, Riau sudah bisa dikatakan siap. Itu pun harus bekerja sama dengan pemilik hotel. Kalau mereka tidak mau, tidak bisa pula dipaksakan," urainya.


Diakui, selain Provinsi Riau, ada 8 lagi wilayah yang ditunjuk sebagai wilayah objek wisata syariah. Diantaranya, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, dan Lombok. Penentuan ini berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, budaya, masyarakat, serta produk wisata daerah yang tersedia.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan UKM Riau, Said Syafruddin mengaku bahwa pihaknya sudah mendapatkan intruksi dari Kementerian Pariwisata, agar Riau segera menciptakan objek wisata syariah.


"Kami sudah dapat instruksinya, jadi saat ini tinggal melaksanakan saja di lapangan. Namun masih banyak kendala yang belum siap. Khususnya infrastuktur yang masih kurang jika dijadikan sebagai objek wisata syariah," katanya. (rer/van)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pusat Wacanakan Riau Sebagai Wilayah Objek Wisata Syariah"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top