Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Jika Posisi Tidur Menghadap ke Kiri Bisa Mimpi 'Indah'

RiauCitizen.com, Lifestyle - Sebagian besar orang masih bingung bagaimana posisi tidur yang ideal. Kebanyakan masih mengandalkan kenyamanan. Ada yang lebih suka tidur telungkup, telentang, atau bertumpu di sisi tubuh bagian kanan maupun kiri.


Beberapa ahli mengatakan, tidur dengan berbagai posisi sama sekali tidak masalah. Asal, posisi itu membuat tubuh nyaman dan relaks. Lagipula, tubuh tidak akan bertahan dengan satu posisi tidur saja sepanjang malam. Secara otomatis tubuh akan berbolak-balik mencari kenyamanan.


Meski begitu, ada beberapa studi yang mengungkapkan bahwa tidur dengan bertumpu pada sisi tubuh bagian kiri lebih bermanfaat. Mengutip Boldsky, berikut beberapa manfaatnya.


Selama hamil


Ahli mengatakan, tidur bertumpu pada sisi tubuh bagian kiri selama kehamilan lebih bermanfaat karena itu dapat mengalirkan lebih banyak nutrisi dan darah ke janin. Itu juga meminimalisasi risiko bayi meninggal dalam kandungan. Namun, tetap konsultasikan pada dokter apakah Anda boleh tidur berposisi itu.


Naiknya asam lambung


Beberapa studi mengklaim bahwa kesempatan asam lambung naik bisa diminalisasi dengan tidur bertumput pada bagian tubuh sebelah kiri. Syaratnya, kepala juga harus di posisi lebih tinggi dari tubuh. Mungkin posisi tidur ini bisa dicoba jika sedang mengalami asam lambung.


Tidur lebih nyenyak


Fakta lain adalah, Anda bisa lebih nyaman dan lelap tidur dalam posisi tubuh bertumpu pada sisi kiri. Tidur menghadap kiri adalah posisi yang patut dicoba bagi para pengidap insomnia.


Meditasi


Jika punya kebiasaan meditasi, cobalah tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Itu membantu membuat tubuh lebih relaks. Posisi itu juga memperlancar sirkulasi darah menurut studi.


Pergerakan usus


Ada teori lain mengapa tidur dengan posisi bertumpu pada bagian tubuh sebelah kiri lebih baik. Sebab, pergerakan yang terjadi di dalam usus pun lebih baik. Sistem percernaan berjalan lebih lancar dengan posisi itu, menurut teori. (cre/iza)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jika Posisi Tidur Menghadap ke Kiri Bisa Mimpi 'Indah'"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top