Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Ternyata Sepatu Hingga Tas Kulit Merek Dunia Dibuat di Garut

RiauCitizen.com, Nasional - Produk-produk pakaian dunia yang kini ada di pasaran, seperti produk sepatu, hingga jaket kulit merek terkenal. Sebenarnya dibuat di Indonesia tepatnya di Garut, Jawa Barat.


Di Garut, ada satu kawasan yang bernama Sukaregang. Sukaregang yang berlokasi di Kabupaten Garut adalah sentra industri kulit. Semua aktivitas industri kulit seperti penyamakan hingga proses produksi menjadi barang jadi dibuat. Di tempat ini juga, merek-merek terkenal seperti Crocodile, hingga Hush Puppies ‎diproduksi.


Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam kunjungannya ke Sukaregang menuturkan, tak sedikit perajin-perajin kulit di kawasan ini memproduksi barang-barang dengan merek terkenal. Namun sayang, produk hasil Garut dengan merek sendiri kurang berkembang karena minimnya promosi.


"Banyak yang dipesan di sini, dibuat di sini, tapi yang dapat added value-nya mereka dengan brand yang besar," tutur Saleh di Sukaregang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (27/4/2015).


Saleh mengatakan, hasil produk seperti sepatu, tas‎ hingga akseseoris berbahan baku kulit yang diproduksi di Garut harganya bisa melambung 10 kali lipat, saat sudah menyandang merek terkenal.


"Kalau di sini harga jaket bisa Rp 1 juta lebih‎, kalau di jual di sana bisa US$ 2.000 ada yang sampai US$ 5.000 (Rp 65 juta dengan kurs Rp 13.000). Di Turki misalnya dijualnya US$ 800 sampai US$ 1.500 (Rp 19,5 juta)," tuturnya.


‎Hal tersebut diamini oleh salah satu perajin kulit, Nadiman. Wakil Ketua Asosiasi Penyamakan Kulit Indonesia ini menuturkan, dia pernah mendapatkan pesanan untuk membuat produk jaket kulit dan tas, hingga sepatu bermerek terkenal.


"Saya pernah buat Crocodile, juga hush puppies. Pada intinya, kulit kita ini bisa dibuat untuk yang punya brand besar," katanya.


Nadiman yang juga menekuni industri produk kulit ini mengatakan, produk yang dihasilkannya sudah diekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara juga Hong Kong.


"Eropa sedang penjajakan," tutupnya. (dfn/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ternyata Sepatu Hingga Tas Kulit Merek Dunia Dibuat di Garut"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top