Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Inilah Sosok Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

RiauCitizen.com, Internasional - Setelah lebih dari tiga bulan tidak terlihat di muka publik, Ri Sol-Ju, istri Kim Jong-un, akhirnya kembali tampil di hadapan publik ketika menemani pemimpin Korea Utara itu dalam peringatan ulang tahun kakeknya, Kim Il-Sung.


Kemunculan Ri terlihat dari halaman depan surat kabar resmi yang dikelola partai berkuasa, Rodong Sinmun. Ri terlihat berada di samping Kim sembari tersenyum dan bertepuk tangan, diapit oleh sejumlah pejabat senior ketika menyaksikan sebuah pertandingan sepak bola di Kim Il-sung Stadium pada Senin (14/4), yang menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Kim Il-Sung.


Publik sempat bertanya-tanya mengapa Ri sempat terlihat tidak menemani Kim selama beberapa bulan belakangan. Sebelumnya, Ri terakhir terlihat pada Desember tahun lalu pada upacara peringatan kematian ayah mertuanya, Kim Jong-il.


Pernikahan Kim Jong-Un dan Ri Sol-Ju dikonfirmasi oleh pemerintah komunis Korea Utara pada tahun 2012, setelah publik berspekulasi selama beberapa pekan akibat Ri sering terlihat tampil menemani Kim.


Dilansir dari The Independent, Kim dan Ri diyakini memiliki setidaknya satu anak, namun hal ini belum dikonfirmasi oleh pemerintah Korea.


Perayaan ulang tahun Kim Il-Sung ke-103 dimulai sejak Senin (13/4), meskipun sebenarnya jatuh pada Rabu (15/4). Hari ulang tahun pendiri Korea Utara ini disebut juga "Hari Matahari" oleh Republik Demokratik Rakyat Korea.


Kim Il-Sung menciptakan ideologi Juche, atau yang dikenal juga Kimilsungisme, yang diterapkan di seluruh penjuru Korea Utara. Kultus kepribadiannya yang kuat oleh propaganda masih berlanjut hingga hari ini terhadap dirinya dan keturunannya.


Kantor berita Korea Utara KCNA melaporkan bahwa pemerintah Korea Utara menerapkan libur nasional selama dua hari menyambut peringatan ulang tahun Kim Il-Sung, dengan menggelar berbagai acara pertunjukan, seni, pameran dan olahraga.


Dalam laporan KCNA, disebutkan bahwa warga Korea Utara beramai-ramai berziarah ke tempat kelahiran Kim Il-Sung di Mangyongdae.


Pada Minggu (12/4), 800 pria dan wanita berpartisipasi dalam lari maraton khusus, yang ditonton oleh 600 penonton dari "puluhan negara termasuk Malaysia, Singapura, Swedia, Finlandia, Inggris dan Italia".


Selain itu, terdapat sebuah festival khusus yang menampilkan jenis bunga yang dinamai"Kimilsungia" pada Senin (13/4) dengan tema "keabadian Kimilsungia mekar berkat matahari besar".


KCNA melaporkan bahwa puluhan ribu bunga Kimilsungia telah dibudidayakan oleh para tentara, pegawai negeri dan anak-anak "dengan semangat kerinduan dan loyalitas yang intens kepada sang Presiden".


Sementara itu, sejumlah penyanyi dan penari yang tampil di ajang Festival Seni Rakyat Musim Semi, juga didedikasikan untuk Kim Il-sung.


Dalam festival tersebut, sejumlah lagu yang dinyanyikan pun bertema patriotik, dengan judul antara lain "Kita Hidup dalam Rangkulan Pemimpin", "Di mana Anda, Wahai Jenderal?", "Lagu dari Rakyat yang Sejahtera" dan "Negara Kami Sangatlah Baik".


Kim Il-sung memimpin Korea Utara pada tahun 1948 sampai meninggal pada 1994. Dia digantikan oleh putranya, Kim Jong-Il, yang memerintah sampai kematiannya pada Desember 2011. Sejak itu, tampu kepemimpinan Korea Utara diteruskan oleh anaknya, Kim Jong-Un.(cni/mz)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Sosok Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top