Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Ketentuan ASN Mewajibkan Jabatan Sekdaprov Riau Ditentukan Pusat

RiauCitizen.com, Politik - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau nantinya akan ditentukan pusat, bukan lagi ditentukan kepala daerah seperti kebiasaan selama ini.


Karena itu, siapakah pejabat yang. bakal menggantikan Zaini Ismail yang akan berakhir pada April ini. "Jadi bukan lagi gubernur yang menentukan. Nanti pusat yang akan menentukan siapa yang layak atau tidak," kata anggota KASN Nuraida, Selasa (7/4).


Seperti halnya proses assessment yang baru saja dijalani pejabat tinggi pratama (eselon II), tetap melalui serangkaian uji kompetensi di pusat. Kemudian, pesertanya selain dari Riau dari berbagai daerah lainnya juga bisa mengikuti termasuk non PNS.


Jika ternyata pejabat yang dianggap berkompeten tersebut dari daerah lain, kenapa tidak. Pasalnya, tujuan KASN yakni, mencari pejabat yang benar-benar mampu menjadi administrator pemerintahan melalui pengalamannya dalam melayani tugas pokok dan fungsinya sebagai abdi negara.


"Nanti dilakukan terbuka. Siapa saja boleh mendaftar kalau mau jadi Sekda. Bisa saja nanti yang jadi Sekda orang Padang," ujar Nuraida.


Sebagai informasi, masa jabatan Sekdaprov Riau Zaini Ismail sebentar lagi akan habis yakni April mendatang. Mantan Kadinsos dan BKD dan Camat Pangkalan Kuras Pelalawan ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah pada Juni 2013 lalu. Berdasarkan SK Presiden, Zaini menjabat hanya selama 2 tahun.


Jika pada ketentuan sebelumnya jabatan Sekda bisa diperpanjang jika kepala daerah tetap menginginkannya kembali. Namun pada ketentuan ASN saat ini, seluruh Pejabat Tinggi Madya (Eselon I) wajib melalui assessment yang langsung dilakukan pusat, bukan lagi ditentukan kepala daerah, seperti yang menjadi kebiasaan selama ini.(rac/iza)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ketentuan ASN Mewajibkan Jabatan Sekdaprov Riau Ditentukan Pusat"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top