Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

India Gunakan Drone Untuk Kendalikan Kerusuhan

RiauCitizen.com, Internasional - Kepolisian India akan menjadi aparat pertama di dunia yang menggunakan pesawat nirawak atau drone untuk mengendalikan kerusuhan. Nantinya drone akan dipersenjata dengan semprotan merica untuk membubarkan massa yang marah.


Diberitakan Press Trust India, Selasa (7/4), kepolisian Lucknow telah membeli lima drone kamera yang akan dimodifikasi agar mampu membawa senjata pengendali massa.


"Kami telah membeli lima drone kamera dengan kemampuan mengangkat bobot hingga dua kilogram. Drone ini bisa menyemprotkan bubuk merica ke arah massa jika terjadi kerusuhan," kata Kepala Polisi Yashasvi Yadaf.


Sebelumnya drone digunakan di Lucknow untuk menangkap citra titik-titik rawan di kota tersebut. Selain itu, drone juga dipakai melacak kejahatan.


Drone untuk keperluan pengawasan pernah digunakan tahun lalu saat terjadi kerusuhan yang menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 12 lainnya.


India boleh jadi negara pertama di dunia yang menggunakan drone bersenjata untuk keamanan, namun ide ini juga tengah dilirik negara lain untuk mengendalikan massa.


Tahun 2014, perusahaan Desert Wolf mengirim drone mereka, Skunk Riot Control Copter, ke Turki dan Afrika Selatan yang kemungkinan digunakan untuk membubarkan massa.


Menurut Desert Wolf, drone tersebut dilengkapi dengan empat barel peluru bola cat yang bisa menembakkan 20 butir peluru dan 80 bola merica per detiknya.


Drone ini bisa membawa hingga 4.000 bola peluru dalam satu waktu.


Penembakan pada drone tersebut menggunakan sistem udara serat fiber tekanan-tinggi sehingga bisa melecat kencang ke sasaran.


Penegak hukum di Amerika Serikat juga tertarik menggunakan drone bersenjata.


Tahun 2012, departemen kepolisian Texas menggunakan hibah Kementerian Keamanan Dalam Negeri sebesar US$300 ribu untuk membeli drone buatan Vanguard, Shadowhawk,yang digunakan untuk keperluan mata-mata. Namun Kepolisian Texas telah menunjukkan minat mereka mempersenjatai drone itu dengan peluru karet, sengatan listrik atau gas air mata.


Dua tahun sebelumnya, Vanguard mengatakan pada letnan polisi di Ohio bahwa drone Shadowhawk mereka bisa dimodifikasi dengan peluncur granat atau senapan. (cnn/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "India Gunakan Drone Untuk Kendalikan Kerusuhan"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top