Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Kejari Bengkalis Resmi Tahan 8 Tersangka Kasus Pengadaan Bibit Karet

RiauCitizen.com, Bengkalis - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, Provinsi Riau resmi menahan 8 tersangka kasus pengadaan bibit karet di Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) pada kamis (2/4).


Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Yanuar Rheza Muhammad mengatakan Kedelapan tersangka tersebut yakni berinisial, SR (34), UB (51), Tmz (52) yang selaku kuasa pengguna anggaran, Hd (32), Nz (53), Swd (41), Mn, dan H.


"Tersangka ditahan dalam perkara tindak pidana korupsi pekerjaan pengadaan bibit karet di Kecamatan Rupat di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bengkalis senilai Rp 6,1 Milyar yang bersumber dari APBD Bengkalis tahun 2013 dengan rekanan pelaksana CV Elino Putra Rupat," kata Yanuar Rheza, dalam keterangannya di Bengkalis.


Dari hasil audit internal yang dilakukan, kerugian negara ditaksir sebesar Rp 464 juta.


"Pembayarannya di termen seratus persen, sementara kondisi dilapangan bibit yang di salurkan tidak sesuai dengan yang dibayarkan," katanya.


Berdasarkan kontrak seharusnya CV Elino Putra Rupat selaku rekanan menyediakan bibit karet okulasi sebanyak 500 ribu batang bibit, tapi yang diserahkan hanya 470 ribu batang bibit, Sementara KPA melakukan pencairan 100 persen.


Sementara itu, penahanan dilakukan oleh Kejari terhadap delapan tersangka dikarenakan berkas perkara dinyatakan lengkap.


Ia mengatakan kedelapan tersangka tersebut dikenakan pasal tindak pidana korupsi UU RI Nomor 31 tahun 1999 dan UU Nomor 20 tahun 2001.


"Tersangka kita kenakan dua pasal yakni pasal 2 dan 3 UU RI nomor 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," katanya.


Ia mengatakan dalam waktu dekat perkara tersebut akan dilimpahkan ke pengadilan negeri Pekanbaru.(ant/mz)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kejari Bengkalis Resmi Tahan 8 Tersangka Kasus Pengadaan Bibit Karet"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top