Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Dumai Serap 1308 Tenaga Kerja Sepanjang 2014

RiauCitizen.com, Dumai - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Dumai, Propinsi Riau, mencatat angka serapan kerja di sepanjang 2014 lalu mencapai 1.308 jiwa dari keseluruhan pencari kerja sebanyak 4.550 orang.


Kepala Disnaker Dumai Amiruddin di Dumai, Minggu, menyebutkan, jumlah serapan kerja ini diketahui berdasarkan pengembalian kartu pencari kerja atau AK-1 dari orang pencari kerja ke Disnaker.


"Masyarakat yang sudah bekerja ini ditempatkan di berbagai perusahaan swasta, perbankan dan perhotelan yang beroperasi di Dumai," katanya.


Sedangkan angka pencari kerja pada Januari hingga Februari 2015 ini, lanjut dia, tercatat sebanyak 901 orang berdasarkan jumlah pelayanan pengurusan kartu AK-1 yang dilakukan pihaknya.


Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa serapan kerja hanya 60 orang dan sisanya masih tercatat sebagai pengangguran.


"Total masyarakat yang dianggap masih menganggur atau belum bekerja sejak 2014 hingga 2015 ini adalah sebanyak 4.038 orang," sebutnya.


Sementara, Kepala Bidang Bursa dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Dumai Soufandi Sofyan mengakui bahwa pihaknya tidak memiliki database ketenagakerjaan, sehingga menyulitkan pemerintah untuk mengetahui persis jumlah pencari kerja.


Namun dia memprediksi angka pengangguran telah mencapai ribuan orang dan diyakini setiap tahun terus bertambah mengingat peluang kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja.


"Setiap tahun pencari kerja juga terus bertambah karena ribuan pelajar menengah atas menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah," jelasnya.


Menurut dia, pencari kerja didominasi lulusan sekolah menengah atas sederajat yaitu golongan usia produktif, mulai 20 hingga 29 tahun.


Untuk menekan angka pengangguran dan menciptakan sumber daya manusia siap kerja, Disnaker tiap tahun terus melaksanakan pelatihan di rumah terampil dengan berbagai keterampilan kerja.(ant/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dumai Serap 1308 Tenaga Kerja Sepanjang 2014"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top