Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Pelabuhan Ikan Dumai Hasilkan Satu Ton Ikan

RiauCitizen.com, Ekbis - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Dumai Provinsi Riau menyatakan, hasil ikan tangkapan nelayan yang terkumpul di tempat pelabuhan ikan (TPI) setiap harinya mencapai satu ton.


Ikan tangkapan yang dihasilkan 23 kelompok nelayan di TPI sejauh ini belum bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Dumai sekitarnya.


"Kebutuhan konsumsi ikan setiap hari mencapai 15 ton, dan karena jumlah ikan di TPI terbatas maka didatangkan dari beberapa daerah pemasok," kata Kepala DKP Dumai Syafrizal, Selasa.


Agar kebutuhan konsumsi ikan masyarakat tercukupi, pedagang ikan di sejumlah pasar tradisional Dumai mendatangkan pasokan dari daerah Bangkinang Kampar, Sumatera Barat dan Medan Sumatera Utara.


Disamping itu, kecukupan bahan pangan ikan ini juga dihasilkan dari budidaya ikan air tawar yang dikelola masyarakat nelayan dengan jumlah produksi hanya setengah ton tiap hari.


"Budidaya ikan air tawar ini sudah dilakukan masyarakat nelayan sejak belasan tahun lalu, namun hasilnya belum signifikan dan hanya mampu menyumbangkan setengah ton tiap hari," terangnya.


Untuk meningkatkan hasil ikan tangkapan nelayan, pemerintah selalu memberikan pembinaan dan menyerahkan bantuan sesuai kemampuan anggaran daerah.


Namun pada 2015 ini, dia mengakui untuk sektor perikanan nihil bantuan untuk nelayan dari pemerintah karena keterbatasan anggaran daerah yang mengalami penyusutan.


Ini disebabkan anggaran pemerintah daerah berkurang ratusan miliar rupiah dampak dari kebijakan pemotongan dana bagi hasil dari pusat karena harga minyak dunia turun.


"Kita sudah sampaikan kondisi ini ke nelayan dan semoga di tahun berikutnya bisa menyediakan anggaran untuk membantu di sektor perikanan," demikian dia. (ant/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pelabuhan Ikan Dumai Hasilkan Satu Ton Ikan"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top