Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Wow, 7 Manfaat Duku Bisa Kalahkan Obat

RiauCitizen.com, Pekanbaru - Musim duku masih berlangsung di Kota Pekanbaru. Tak ayal lagi, buah musiman ini pun selalu meramaikan varian jualan buah pinggir jalan.


Buah duku atau langsat memang kerap dijumpai di Indonesia. Meski begitu, buah ini adalah salah satu buah musiman yang hanya tumbuh satu kali dalam setahun. Buah duku juga hanya dapat hidup pada daerah dengan curah hujan tinggi.


Hal tersebut yang menyebabkan buah duku banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang kecil namun manis ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan bisa mengalahkan sebiji obat kimia. Selain rasanya yang enak, kandungan yang dimiliki buah duku tidak kalah bermanfaatnya dengan buah-buah yang lain.


Berikut manfaat yang dikandung buah ini :


1. Sangat bagus untuk gusi, bukan karena huruf awal dari buah ini,'Duku' tapi buah ini memang memiliki banyak vitamin D yang sangat bagus bagi kesehatan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi, gusi terletak di bagian dalam mulut dan rawan terkena berbagai masalah seperti gusi berdarah, iritasi dan sariawan sehingga mungkin kita malas makan kalau keadaannya demikian, oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumi buah duku ini.


2. Menguatkan akar Gigi.
Kandungan fosfor pada buah duku dapat menguatkan tulang dan gigi, sehingga terhindari dari pengeroposan tulang pada usia lanjut


3. Menjaga kolesterol, sebab mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai pengendalikan kadar kolesterol dalam darah.


4. Melancarkan pencernaan. Serat atau fiber dalam buah duku efektif untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh, dengan lancarnya sistem pencernaan maka akan mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, kanker kolon yang di sebabkan kotoran yang menumpuk dan tidak bisa dikeluarkan.


5. Pencegahan anemia, kadar zat besi pada buah duku sangat efektif meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh dan dapat memperlancr suplay darah ke otak, selain itu dapat mengikat oksigen dengan mudahnya. Sehingga terhindar dari gejala anemia seperti lemas, letih, lelah dan lesu.


6. Menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada buah duku, dapat menjadikan kulit lebih kenyal dan melindungi dari pengaruh buruk sinar ultraviolet, serta menjaga kelembaban kulit.


7. Mencegah penyakit Malaria. Selain manfaat buahnya, biji duku juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria. Kulitnya juga bisa dijadikan sebagai obat nyamuk yang cukup efektif dengan cara membakarnya, sehingga asap yang keluar dari kulit tersebut dapat membunuh nyamuk.


Dengan demikian, buah yang murah meriah ini semua bagiannya dapat di manfaatkan untuk kesehatan (mz)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wow, 7 Manfaat Duku Bisa Kalahkan Obat"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top