Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

DPRD Pekanbaru Setujui Pemindahan Bandara SSK II

RiauCitizen.com, Pekanbaru - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pekanbaru menyetujui wacana pemerintah setempat untuk memindahkan Bandara Sultan Syarif Kasim II agar bisa memiliki lahan yang lebih luas untuk mengantisipasi perkembangan daerah dan jumlah penumpang.


"Kita setuju dengan pemaparan Walikota tersebut, karena kondisi bandara saat ini," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pekanbaru, Sahril, di Pekanbaru, Selasa.


Menurut Sahril, pemindahan bandara tersebut memang harus dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang lima tahun mendatang. Apalagi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II sudah masuk kategori melayani penerbangan internasional, sementara landasan pacu yang ada tidak lagi sesuai.


Disebutkannya, sekitar 70 persen bandara di Indonesia saat ini sudah tidak berada di dalam kota dan jauh dari pemukiman warga. Sementara bandara SSK II masih berada didalam kota.


"Tinggal lagi mau dipindahkan ke mana," katanya.


Dia berharap, perencanaan pemindahan tersebut segera direalisasikan pemerintah. Sebab, dengan cara itu maka bandara repsentatif dengan luas yang diinginkan, bisa terwujud.


Sekretaris Komisi IV DPRD Pekanbaru Ali Suseno, juga setuju pemindahan ini.


Disebutkannya, bandara yang ada kini sudah tidak mendukung pengembangan infrastruktur, akibat terkendala ketersediaan lahan.


"Paling utama dilakukan saat ini, kajian dan analisa secara akademis di lokasi yang ditujui," sarannya.


Seperti diketahui, wacana pemindahan Bandara SSK II sebenarnya telah direncanakan Pemprov Riau sejak lima tahun lalu, di era Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Saat itu Pemprov mengkaji lokasi bandara bisa digeser ke Kabupaten Kampar atau ke Kabupaten Pelalawan.


Belakangan walikota Pekanbaru, H Firdaus MT, mulai menggaungkan lagi wacana pemindahan bandara ke tempat yang lebih representatif, dengan berbagai alasan selain tingginya tingkat penumpang juga karena lapangan itu kini difungsikan juga sebagai pangkalan udara Roesmoen Nurdjadin.


"Apalagi kini pangkalan udara itu sudah naik kelas dari tipe B ke A, sehingga aktifitas penerbangan makin tinggi," katanya.(ant/kar)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DPRD Pekanbaru Setujui Pemindahan Bandara SSK II"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top