Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Sindiran Menteri Andrinof Buat Sarjana yang Ingin Jadi PNS

RiauCitizen.com, Ekonomi - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Adrinof Chaniago menilai harus ada revolusi mental bagi para sarjana di Indonesia. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak sarjana yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).


"Itu harus diubah. Itu mental kurang produktif, bukan mental dukung daya saing," tegas Adrinof kala ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (27/3/2015).


Menurutnya seorang lulusan perguruan tinggi harus tangguh dan gigih dalam bersaing. Alhasil pemerintah mendorong para lulusan untuk bekerja sebagai seorang profesional atau menjadi wirausahawan.


"Memang ada yang sebelum lulus jadi wirausaha. Mereka berani hadapi tantangan, coba inovasi, contoh banyak dikasih penghargaan. Itu harus kita dorong," katanya.


Selain itu, semakin banyak jumlah PNS tentu akan menambah anggaran belanja pegawai. Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pun semakin berat.


Untuk mengurangi anggaran belanja pegawai, salah satu cara yang ditempuh pemerintah adalah mengkaji perubahan skema pemberian pensiun bagi PNS. Sebab, dengan sistem pembayaran uang PNS yang berlaku sekarang bisa sangat membebani APBN.


"Itu sedang dikaji, mana yang baik. Baik untuk pensiunan atau baik untuk fiskal yang diambil. Kalau itu tambah beban fiskal, nanti tambah beban orang banyak," ujar Andrinof. (dtk/six)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sindiran Menteri Andrinof Buat Sarjana yang Ingin Jadi PNS"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top