Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Waduh, Restoran di Pekanbaru Masih Buang Limbah Minyak ke Parit

RiauCitizen.com, Pekanbaru - Pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) mendapati hampir seluruh restoran dan rumah makan membuang limbah cair ke parit. Bahkan limbah berminyak tersebut tanpa melewati penyaringan terlebih dahulu.


Hal itu disampaikan Kepala BLH Pekanbaru, Zulfikri. "Yang jelas rumah makan dan restoran hampir semua buang ke parit. Jadi itu yang buat pas hujan tersumbat makanya banjir," katanya Selasa (24/03/2015) seperti yang dimuat pada bertuahpos.com.


Tak hanya itu, hasil pantauan pihaknya restoran maupun rumah makan tidak memiliki alat pemisah limbah minyak dengan air. "Hampir semua, seharusnya punya. Karena jika limbah dibuang langsung ke parit bisa mencemari dari parit ke sungai," tuturnya.


Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka sungai Siak yang menjadi bagian Kota Pekanbaru dan sumber air bagi masyarakat bakal tercemar. "Selama ini disebut limbah dari perusahaan, tetapi sebenarnya limbah domestik yang mencemari," katanya.


Untuk itu pihaknya telah mencanangkan untuk melakukan pendataan. "Dengan begitu akan tahu sumber pencemaran, berapa yang mencemari apa yang dibuang," sebutnya.


Tentang restoran yang mengabaikan tentang kualitas limbah, pihaknya akan menahan SITU. "Setiap tahun mereka perpanjang SITU, kalau tidak memenuhi syarat tidak kita rekomendasikan," tegasnya. (bpc/mz)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Waduh, Restoran di Pekanbaru Masih Buang Limbah Minyak ke Parit"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top