Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Gemerlap Batu Akik yang Menyimpan Potensi Kerusakan Lingkungan

RiauCitizen.com, Pekanbaru -  Fenomena Batu Akik acap kali menimbulkan decak kagum bagi peminatnya. Tentunya hal ini akan berbanding lurus terhadap permintaan akan batu akik tersebut, Namun sebuah masalah baru pasti tidak bisa kita hindari, yakni masalah lingkungan.


Seorang Penggiat Lingkungan Kota Pekanbaru Ridho ketika diwawancarai oleh RiauCitizen.com menjelaskan "Ketika misalkan struktur tanah yang ditumpangi oleh batu dan kayu, dari atas kemudian illegal logging, di bawah kemudian digempur oleh pengambilan batu. Ini kemudian akan melemahkan struktur pertanahan. Jadi dampaknya, bisa terjadi longsor," ujarnya.


Dia menjelaskan, longsor memang belum terjadi sekarang karena maraknya pertambangan batu akik baru terjadi beberapa bulan terakhir.


Namun, dapat terjadi tahun depan tutur pegiat lingkungan hidup tersebut. Agar tidak terjadi longsor, ada langkah yang dapat ditempuh untuk mencegahnya, ungkap Ridho.


"Pemerintah dapat segera mengeluarkan regulasi khusus yang mengatur tentang pengelolaannya, ada manajemen pengelolaannya, ada tenaga ahli yang mendampingi, ada sistem proses penjualan yang cukup jelas sehingga jaminan dari biaya-biaya penjualan batu ini bisa disimpan sebagai jasa lingkungan yang kemudian akan digunakan untuk yang rusak tadi," kata Ridho.


Ridho pun berharap agar para penambang patuh pada peraturan dan tidak melakukan aktivitas penambangan yang dapat merusak lingkungan.


Reporter Six

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Gemerlap Batu Akik yang Menyimpan Potensi Kerusakan Lingkungan"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top