Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

IPW Desak Polri Bongkar 'Dana Komunitas' KPK

RiauCitizen.com Jakarta - Indonesian Police Watch (IPW) mendesak Bareskrim Mabes Polri untuk mengusut dugaan bantuan dana sebesar Rp.300 milliar dari KPK ke 31 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Hal tersebut disampaikan Ketua Presidium IPW, Neta S Pane seperti yang dimuat Aktual.co, Senin (9/2/2015).


"Jika ditemukan data-data penyalahgunaan anggaran di KPK, Bareskrim jangan ragu dan takut untuk membongkarnya dan memeriksa semua pihak yang terlibat, baik pejabat KPK maupun sejumlah LSM yang menerima dana Rp 30 miliar dari KPK tersebut,"ujar Pane.


IPW menduga aliran aliran dana tersebut kuat dugaan berhubungan dengan penangkapan terhadap mantan Ketua BPK Hadi Purnomo yang mencoba membongkar aliran dana tersebut.


Dituturkan Pane, bahwa penggunaan 'dana komunitas' KPK sebesar Rp.10 milliar per tahun pada periode 2011-2013 berpotensi sebagai bentuk gratifikasi atau penyalahgunaan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan.


Dana yang disebut Pane mirip dengan dana bantuan sosial untuk LSM dan komunitas anti korupsi tidak memiliki tujuan dan prosedur yang jelas. Hal tersebut menimbulkan dugaan bahwa sejumlah LSM mengkampanyekan anti korupsi dengan menggunakan dana gratifikasi. Akan tetapi, sambung dia, dukungan dana itu berhenti di 2013 setelah diaudit oleh BPK dan dilaporkan ke DPR.


Sumber: Aktual.co

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "IPW Desak Polri Bongkar 'Dana Komunitas' KPK"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top