Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Ratusan Sekolah Pekanbaru Kembali Ke KTSP 2006

RiauCitizen.com Pekanbaru – Ratusan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan sekolah menengah kejuruan di Kota Pekanbaru, Riau, kembali menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau Kurikulum 2006 mulai Januari 2015.


"Setelah penerapan Kurikulum 2013 dievaluasi oleh Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, hanya 30 sekolah di Pekanbaru yang bisa menerapkan Kurikulum 2013 pada 2015, sedangkan ratusan sekolah lain kembali ke KTSP," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Bustami di Pekanbaru, Minggu.


Menurut dia, ratusan sekolah yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 selama satu semester harus kembali menerapkan Kurikulum 2006, sedangkan 30 sekolah yang menjadi percontohan harus menerapkan Kurikulum 2013.


"Kami sudah mendapatkan surat edaran dari Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 yang menyebutkan sekolah percontohan yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 selama tiga semester tetap melanjutkan kurikulum tersebut," paparnya.


Terkait buku K-13 yang sudah terlanjur masuk, akan digunakan sebagai buku referensi siswa dan guru. Sedangkan buku ajar utama tetap menggunakan KTSP. Harapannya semua perubahan itu tidak menjadikan persoalan dan mudah dipahami serta mendukung kegiatan belajar mengajar di masa yang akan datang.


"Jadi buku K-13 tidak ada yang sia- sia karena tetap difungsikan. Namun untuk distribusi buku K-13 sudah berhenti," tambahnya.


Kata dia lagi, penghentian kurikulum ini dilandasi antara lain karena masih ada masalah dalam kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendamping guru dan pelatihan kepala sekolah yang belum merata. Menurut Bustami, pendidikan menghadapi masalah yang tidak sederhana karena Kurikulum 2013 diproses secara cepat dan bahkan sudah ditetapkan untuk dilaksanakan di sekolah sebelum kurikulum tersebut pernah dievaluasi secara lengkap dan menyeluruh.


Berdasarkan data Dinas Pendidikan kota Pekanbaru mencatat jumlah SD negeri dan swasta sebanyak 280 sekolah, SMP negeri/swasta sebanyak 110 sekolah, SMA dan SMK negeri/swasta sebanyak 40 sekolah.


"Jumlah sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 sebanyak 30 sekolah terdiri dari SD 15 sekolah, SMP 6 sekolah, SMA 6 sekolah , dan 3 sekolah SMK. Sekolah tersebut di antaranya SMP Negeri 8 Pekanbaru," pungkasnya.  (Six)


Sumber : Antara Riau

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ratusan Sekolah Pekanbaru Kembali Ke KTSP 2006"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top