Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Rapim KPU Bahas Persiapan Pilkada Serentak 2015

RiauCitizen.com Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) se Provinsi Riau menggelar rapat pimpina (Rapim) di kantor KPU Riau, Kamis(26/2/2015). Agenda rapim tersebut dalam rangka membahas persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang rencananya akan digelar serentak pada Desember 2015 nanti.


Pada Rapat Pimpinan yang rencananya berlangsung dua hari mulai Kamis hingga Jumat (27/2/2015) ini, berisi pembahasan dan sosialisasi Undang-undang nomor 1 tahun 2015, dimana terdapat sejumlah poin baru yang mungkin belum diketahui oleh pimpinan KPU Daerah, berupa penganggaran serta tahapan pelaksanaan pilkada.


Beberapa regulasi baru dalam pelaksanaan pilkada mendatang diantaranya adanya uji publik terhadap kandidat calon pemimpin daerah, yang dilakukan sebanyak tiga kali selama masa pemilihan. Sementara terkait pendanaan pada pemilihan, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan dibantu melalui APBD.


Selanjutnya, pelaksanaan pilkada hanya dilakukan dalam satu kali putaran dan meniadakan dua putaran seperti pada sebelumnya. Untuk itu, kepada KPU Daerah yang telah melampirkan rencana anggaran dua putaran, maka biayanya dimungkinkan akan berkurang 40 persen dari anggaran awal.


"Contohnya Kabupaten Bengakalis, dimana awalnya melampirkan anggaran sebanyak Rp 33 miliar untuk dua putaran, dan rencana anggaran lainnya sebanyak Rp 19 miliar untuk satu putaran, maka yang akan diperoleh oleh KPU Bengkalis hanya senilai Rp 19 miliar sesuai rencana anggaran satu putaran,"ujar Anggota KPU Provinsi Riau, Ilham M Yasir.



Reporter Rpk

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rapim KPU Bahas Persiapan Pilkada Serentak 2015"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top