Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Komunitas Hidroponik Pekanbaru, Mudah dan Menguntungkan

RiauCitizen.com Pekanbaru – Hidroponik merupakan salah satu alternatif pertanian pada lahan sempit dan menggunakan air sebagai media tanamnya. Di Pekanbaru sendiri para penggiat hidroponik mulai berkembang. Salahsatunya komunitas hidroponik yang di Ketuai H.Slamet Ahmad, mewakili Kelurahan Tangkerang Utara Pekanbaru.


Saat RiauCitizen.com berkunjung ke rumah beliau Sabtu (21/2/2015), disana terlihat berbagai jenis sayur-mayur tumbuh subur dan hijau di lahan pertanian hidroponik di miliknya.


Ia mengatakan, untuk memulai usaha pertanian hidroponik modal yang diperlukan cukup murah.


"Untuk pembuatan hidroponik ini, cukup mengeluarkan uang Rp.2juta" ujarnya .


Slamet menambahkan bahwa penggunaan hidroponik ini sangat efisien pada lingkungan masyarakat. Tanaman hidroponik yang bebas dari obat-obat kimia yang selama ini diresahkan warga.


"Sayuran ini bisa kita makan langsung, tanpa perlu khawatir dengan bahan-bahan kimia," ucapnya sembari memakan sayuran yang dipetiknya langsung dari hidroponik.


Lebih lanjut Ia menjelaskan, pembuatan 1 paket lahan hidroponik, memiliki 120 lobang yang bisa ditanami bibit selada, sawi dan tanaman hidroponik lainnya. Paket ini juga dilengkapi dengan atap plastik bening yang berfungsi untuk melindungi tanaman dari sengatan sinar matahari dan pelindung dari air hujan agar tidak bercampur dengan air yang sudah diberi pupuk khusus tanpa bahan kimia.


Paket lahan hidroponik dalam jangka waktu 1 bulan sudah bisa dipanen, untuk tanaman selada biasanya di hargai Rp.5ribu untuk 1 pot.


Potensi ini mendapat perhatian dari Bank Indonesia (BI) sehingga membuat Komunitas Hidroponik di Kota Pekanbaru sebagai gerakan bersama dalam rangka pengembangan pertanian hemat lahan dan bernilai ekonomi bagi masyarakat. (Rpk)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Komunitas Hidroponik Pekanbaru, Mudah dan Menguntungkan"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top