Alam Riau

Portal Berita Riau

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Riau Ikuti Jejak Kaltim Perjuangkan Otonomi Khusus

RiauCitizen.com Samarinda - Perjuangan mendapatkan hak Otonomi Khusus (Otsus) yang dilakukan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) rupanya juga diikuti provinsi Riau. Masnur Ketua Komisi E DPRD Riau menyatakan mendukung langkah masyarakat Kaltim, berjuang mendapatkan hak status Otsus.


Ia mengatakan, bahwa perjuangan masyarakat Kaltim meminta Otsus sesuatu yang sangat wajar. Sebab kerusakan lingkungan akibat eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) tidak bisa dihindari. Apalagi Kaltim menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar ke negara.


“Kami mendukung upaya Kaltim karena itu kami anggap hal yang wajar,” tuturnya.


Kondisi di Riau juga mirip dengan Kaltim. Beberapa tokoh masyarakat Riau juga menginginkan Otsus dalam arti pembagian dana lebih dari pusat. Sebab kondisi lingkungan Riau juga banyak yang rusak pasca dieksploitasi. Namun berbeda dengan Kaltim, perjuangan tokoh Riau masih sendiri-sendiri.


“Sampai saat ini masih ada gerakan menuntut pembagian dana adil dari pusat,” ujarnya.


Tuntutan Otsus masyarakat Riau bukan berupa permintaan Otsus secara penuh. Mereka hanya ingin dana bagi hasil minyak bumi dan gas (Migas), ditambah dari yang ada saat ini sekitar 15 persen. Selain itu, perjuangan yang selama ini dilakukan Riau tidak pernah anarkis atau sampai meminta berpisah dari NKRI.


“Sebab kami memahami masih ada daerah lain yang perlu dibagi, khususnya mereka yang tidak punya SDA,” katanya.


Jika perjuangan Otsus Kaltim berhasil apakah Riau juga akan ikut? Masnur tidak bisa mengiyakan namun dia mensyaratkan, harus ada pembagian yang adil untuk masyarakat Riau. Saat ini, pembangunan di Riau belum maksimal.


“Bisa saja nanti kita dorong agar Riau ikut Kaltim,” lanjutnya.


Editor Dpt


Sumber sapos.co.id

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Riau Ikuti Jejak Kaltim Perjuangkan Otonomi Khusus"

 
Copyright © 2015 Alam Riau - All Rights Reserved
Back To Top